Trading For Life, ya trading untuk hidup, bisakah? Trading untuk kehidupan sebagai sumber pendapatan, sebagai sebuah kegiatan bisnis, sebagai sumber nafkah, bukan hanya sekedar isi waktu kosong ataupun hanya sampingan, trading bukan lagi dianggap sebagai sesuatu yang tidak berarti akan tetapi trading dijadikan sebagai sesuatu yang seharusnya di maksimalkan untuk kelangsungan hidup seseorang.
Kita tahu bahwa kegiatan trading bisa dilakukan 24 jam, 5 hari seminggu dan 20 hari sebulan, artinya apabila sesorang yang telah memilih trading sebagai jalan hidupnya segala aktifitasnya dilakukan untuk kegiatan trading, bisa di bayangkan apa pandangan orang apabila kita tidak pernah terlihat pergi kekantor akan tetapi mampu memiliki penghasilan, mereka tidak mengetahui bahwa trading lebih menjanjikan dari sekedar bekerja kantoran, akan tetapi persepsi masyarakat bahwa bekerja adalah pergi kekantor memakai dasi dan lainnya jika melihat seorang trader maka akan dianggap sebagai seorang pemalas. Kegiatan trading sendiri merupakan suatu pilihan seseorang untuk melanjutkan hidupnya, apabila seseorang merasa jenuh dengan kegiata bekerjanya maka trading bisa menjadi alternatif bisnis dan investasi untuk meningkatkan kualitas hidupnya, seseorang yang telah menyatakan diri sebagai seorang trader sejati dan menganggap trading sebagai kehidupan, maka dia akan secara utuh terjun ke dunia trading.
Harap diperhatikan hal-hal penting di bawah ini apabila selama trading masih belum menghasilkan keuntungan yang dapat dijadikan sumber pendapatan utama :
1. Trading ibarat seperti tukang las, bila anda sudah mendapatkan ilmu pengetahuan, strategi atau teknik yang bagus, maka yang diperlukan adalah JAM TERBANG anda sendiri, bagaimana anda melakukan keputusan untuk BUY atau SELL. Anda perlu trial/mencoba dulu sebelum memakai uang real anda. Anda memerlukan menang dan kalah, sampai presentasi kemenangan anda sekitar 70% ke atas, karena kalau di bawah 70%, uang anda bisa impas atau bahkan mungkin habis bila suatu saat nanti anda akan memakai uang real anda. Setelah jam terbang anda cukup kemudian anda ambil kesimpulan kenapa anda menang dan kenapa anda kalah? bila anda tidak tahu jawabannya, maka cara atau strategi anda perlu dibongkar dan trial ulang sampai anda yakin 100% jawaban kenapa anda menang/kalah.
2. Tidak ada cara/strategi yang terbaik yang dipublikasikan untuk anda/umum, baik melalui internet atau media informasi lainnya. Kenapa? Karena bila seseorang sudah menemukan strategi terbaiknya, dia tidak memerlukan anda atau uang anda. Jadi anda cari atau pelajari sendiri. Logikanya adalah bila seseorang telah menemukan strategi dengan keakuratan 85% UP, tentu dia mampu menghasilkan banyak sekali uang.
3. Bila ada kursus, seminar, buku atau ebook, software, tool dll tentang No.2, pastikan secara real, bahwa penemunya bisa membuktikan bisa profit saat ini juga di depan anda, kalau perlu anda tungguin dia untuk melihat bukti secara nyata trading secara live-nya dia. Suruh dia langsung trading dulu beberapa kali menang, begitu terbukti sering menang, baru anda perbolehkan dia untuk memberikan presentasinya. Jangan mau dikasih history/sejarah kesuksesan strategi dia yang kemarin/yang telah terjadi, takutnya, yang GAGAL-nya di-UMPETIN..ha..ha..ha..
4. Trading for life, begitu anda belum menemukan strategi yang jitu, dan jam terbang anda juga baru kemarin sore, maka anda kemungkinan besar akan gagal for life, begitu juga sebaliknya.